Friday, July 27, 2018

Resep Membuat Cireng Bandung


Jajanan dengan bahan basic tepung aci atau tepung kanji memang cukuplah fantastis. Cukup dengan beberapa bahan yang simpel, jajanan seperti cilok, cimol, serta cireng mempunyai banyak pengagum dari seantero nusantara. 

Bukan sekedar memiliki bahan basic sama juga dengan cilok, beberapa bahan yang dibutuhkan serta proses pembuatan juga hampir serupa. Yang berlainan dari cireng merupakan memiliki bentuk yang datar seperti koin serta akhir dari penyajian yaitu dengan digoreng. 

Cireng banyak juga di jual di tepi jalan oleh pedagang kaki lima. Harga nya yang ramah di kantong membuat cireng juga jadi salah satunya jajanan yang disenangi baik oleh anak-anak ataupun orangtua. Cireng umum diberikan dengan saus kacang atau saus tomat atau saus sambal. Saus-saus ini akan meningkatkan kesenangan cireng yang makin menggugah hasrat. Ada juga yang menyediakan cireng dengan ditambah perasa makanan yang berupa bubuk-bubuk halus.

Resep, bahan, serta langkah membuat cireng tanpa santan 

Bahan : 

Tepung kanji 250 g 
Tepung terigu 50 g 
Daun bawang 2 batang. Irislah halus 
Seledri 2 batang. Irislah halus 
Bawang putih 3 siung. Haluskan 
Penyedap perasaan ayam 1 sdt 
Merica bubuk 1 sdt 
Garam 2 sdt 

Langkah membuat : 

Campur tepung kanji dengan tepung tapioka sampai tercampur prima. 
Imbuhkan daun bawang, seledri yang sudah iris halus, bawang putih yang sudah dihaluskan, penyedap perasaan ayam, merica, serta garam. 
Imbuhkan air panas perlahan sambil diaduk atau diuleni sampai kalis. 
Adonan yang sudah tercampur prima lalu mulai dibuat. Bentuk sesuai dengan hasrat. Bila ingin pipih seperti koin, tipis saja janganlah sangat tebal. Bila ingin dibikin bulat-bulat kecil saja. 
Panasi minyak goreng dalam wajan. Sesudah panas, adonan yang sudah dibuat barusan lalu dimasukkan atau digoreng sampai masak. 
Itu langkah membuat cireng macam ringan yang dapat Anda bikin sendiri didalam rumah. Bukan sekedar cireng umum saja, ada juga resep membuat cireng salju yang disajikan dengan memakai bumbu rujak menjadi pelengkap yang tidak kalah enaknya.
Disqus Comments